Tips Merawat Printer Agar Awet

Printer merupakan salah satu elektronik yang tidak bisa ditinggalkan terutama bagi anda yang bekerja menggunakan komputer. Namun alat elektronik ini termasuk dalam kategori yang masa pemakaiannya memiliki jangka waktu tertentu. 

Umumnya antara 2-3 tahun, bahkan jika tidak dirawat dengan benar usia nya bisa tidak sampai 1 tahun. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merawat printer supaya awet

1. Gunakan secara rutin

Printer minimal 2 hari sekali harus digunakan (print semua warna). Sebenarnya tidak ada ketentuan harus berapa hari sekali untuk mencetak. Ada baiknya tidak didiamkan dalam jangka waktu yang lama karena tinta dapat menggumpal. Namun semua juga tergantung jenis dan merk tinta yang digunakan.

2. Beri Jeda antar print

Jika mencetak gambar full color dalam jumlah banyak, beri jeda setiap 2 lembar gambar kurang lebih istirahat 1 menit. Bila mencetak teks dalam jumlah banyak, usahakan setiap mencetak 25 lembar teks istirahat 1 menit (lebih lama lebih bagus). 

Hal tersebut bertujuan menjaga keawetan head cartridge printer. Cartridge printer mudah sekali buntu/rusak, lebih-lebih terutama cartridge warnanya. Sebenarnya tidak ada ketentuan berapa lama printer harus istirahat saat printer untuk mencetak dalam jumlah banyak, namun tips ini berdasarkan pengalaman berapa idealnya printer diistirahatkan saat untuk mencetak dalam jumlah banyak.

3. Perawatan head Printer

Head printer termasuk item part dari printer yang akan mahal harga nya jika harus diganti, tidak jarang bahkan harga head printer bisa seharga printer baru. Agar head awet atau tidak mudah rusak yang perlu anda lakukan adalah jangan sembarangan memilih tinta, belum tentu tinta dengan merk terkenal bagus untuk head printer. 

Dari pengalaman permasalahan head buntu atau hasil cetak bergaris, sering terjadi akibat pemilihan tinta yang salah. Untuk mencegah head buntu akibat tinta mengering gunakanlah printer minimal 2hari sekali. 

Tutup printer dengan kain jika tidak digunakan untuk mencega debu masuk. Hati-hati saat memegang cartridge, jangan sampai menyentuh logam nozzle head cartridge.

Ada hal yang cukup penting dalam proses perawatan printer ini yaitu cara menyimpan printer dalam waktu lama. Jika anda berkehendak untuk tidak menggunakan printer dalam waktu yang lama, maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar printer tidak rusak.

  • Lakukan head cleaning sebelum dimatikkan.
  • Bungkuslah printer dengan plastik, atau masukkan ke dalam kardus printer dan tutup dengan rapat.
  • Tempatkan printer di ruangan yang sejuk, tidak terlalu lembab tidak juga terlalu panas.
  • Seminggu sekali, gunakan printer sekedar untuk mencetak 1 sampai 2 halaman kemudian simpan lagi dengan cara pada tersebut.

Jika printer anda sudah terlanjur macet atau tidak dapat digunakan, anda dapat melihat referensi spesifikasi beserta harga printer canon terbaru disini.

You may also like...