Tips Mengolah Daging Kambing

Ketika Idul adha banyak yang mengalami kebingungan ketika harus mengolah daging kambing. Daging kambing memang memiliki bau prengus yang khas, dan tekstur daging yang lebih keras, yang kalau kita kurang pintar dalam mengolahnya tidak bisa mendapatkan hasil masakan kambing yang lezat.

Masakan olahan daging kambing banyak digunakan dalam resep masakan indonesia, yang paling sering ditemui adalah dimasak satay, gule, tongseng, sop, dan nasi goreng kambing.

Nah kalau anda ingin mengolah daging kambing supaya lebih lezat, dan tidak berbau lagi, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan.

Langsung diolah tanpa dicuci

Ternyata daging kambing akan lebih cepat hilang bau nya jika langsung diolah tanpa dicuci terlebih dahulu. Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).

Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran (sehingga kita tergoda alasan harus membilasnya dengan air). Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan. Daging kambing siap olah tidak mengapa disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak, sepanjang tidak dicuci dengan air.

Gunakan Daun Pepaya

Cara memasak daging kambing supaya cepat empuk adalah dengan dibungkus dengan daun pepaya. Cuci bersih daun pepaya atau cukup dilap dengan kain basah supaya kotoran dan debu yang mungkin menempel bisa hilang. Bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya supaya tekstur daging tidak alot selama beberapa saat. Setelah itu bisa diolah seperti biasanya.

Menggunakan Nanas

Buah nanas dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis sekaligus mengempukkan daging kambing. Caranya kupas nanas kemudian diparut, rendam daging kambing dalam parutan nanas selama beberapa saat. Jangan terlalu lama karena nanti dapat membuat daging kambing terlalu lembek.

Menghilangkan lemaknya

Salah satu yang membuat masakan kambing bau prengus adalah lemaknya, anda dapat mengurangi bau prengus nya dengan menghilangkan lemaknya. Cara mudah menghilangkan lemaknya adalah letakkan daging kambing kedalam freezer. Setelah beku dapat mengiris lemaknya dengan lebih mudah.

Gunakan perasan jeruk nipis

Siramkan jeruk nipis keatas daging kambing, biarkan terendam selama 30-60 menit baru kemudian diolah menjadi masakan yang anda inginkan

Silakan anda coba salah satu dari tips diatas untuk mengolah daging kambing. Biasanya ketika momen idul adha Tradisi ‘pesta daging’ sangat melekat pada masyarakat Indonesia. 

Selain tinggi protein, daging kambing juga mengandung zat gizi lainnya yang berguna untuk tubuh, seperti lemak, kalori, kolesterol, dan zat besi. Tentunya anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi dan kolesterol harus membatasi tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging kambing. 

Meski tekstur dan rasa daging kambing ini lebih enak dan lezat apabila diolah dan cara memasak daging kambing dengan benar.

You may also like...