Tips Melakukan Pemasaran Melalui Instagram

Dalam pemasaran internet tujuan utamanya adalah membangun audience yang kemudian akan di follow up agar menjadi pelanggan. Namun semua itu ada prosesnya dan dibutuhkan uang, tenaga, waktu, dan ketekunan dalam mengerjakannya.

Kunci keberhasilan dalam membangun audiens adalah mendatangkan traffic yang banyak menuju halaman penjualan yang kemudian akan kita arahkan untuk mendaftar ke mailing list, group, atau mengikuti akun social media kita.

Namun bisa juga alurnya dari social media yang kemudian kita arahkan menuju halaman penjualan kita baik itu halaman website pribadi atau halaman penjualan kita di marketplce. Saat ini social media yang paling banyak digunakan adalah Facebook dan Instagram.

Namun saat ini kita hanya akan membahas strategi pemasaran menggunakan Instagram.

1. Pasang link pada biografi

Instagram adalah platform berbagi foto dan video, bahkan saat ini Instragram telah mengeluarkan aplikasi khusus video yang diberi nama igTV.  Kita balik dulu ke bagian instagramnya, setelah kita mendaftar sebaiknya kita isi biografi kita dengan informasi yang berhubungan dengan usaha kita jika memang akun instagram tersebut diniatkan untuk promosi usaha kita.

Instagram tidak memperbolehkan kita memasang link pada setiap posting foto, namun kita hanya diijinkan memasang link di bagian biografi. Beberapa marketer mensiasati dengan membuat website yang tampilannya sama persis dengan tampilan instagram dan juga isi website tersebut persis dengan yang ada di akun instagram kita.

Namun di setiap halaman website kita dapat menaruh link yang menuju halaman resmi penjualan.

2. Posting Foto secara reguler

Para pengguna Instagram ini senang melihat foto-foto yang menarik, tentunya foto tersebut harus jelas, tidak buram dan artistik. Khusus kalo anda posting foto produk tentunya sudut pengambilan foto harus di atur sedemikian rupa sehingga tampilan produk tersebut tampak menarik.

Jika produk anda di foto menggunakan model, pastikan juga bahwa gaya model tersebut terlihat natural saat di foto. Karena orang-orang lebih senang melihat foto produk yang tidak terkesan seperti barang jualan. Kasarannya nih selain anda jual tapi anda dipake juga keseharian.

Jangan lupa memberikan caption yang menarik pada setiap foto yang anda posting karena caption instagram juga salah satu yang menentukan orang yang melihat posting anda tertarik untuk memberikan komentar.

3. Gunakan Hashtag Yang Sesuai

Dalam setiap postingan kita juga dapat menyisipkan hashtag pada caption instagram kita, karena sistem pencarian di Instagram akan merekomendasikan hashtag yang sesuai dengan kata kunci yang kita masukan sehingga akan muncul daftar postingan yang sesuai dengan hashtag tersebut.

Semakin banyak orang yang melihat postingan kita maka akan semakin besar kemungkinan orang mengikuti akun instagram kita, begitu juga dengan jumlah interaksi seperti komen dan like semakin banyak maka postingan kita akan semakin tinggi posisinya termasuk dalam postingan yang populer. 

You may also like...