Merawat kesehatan dengan Mengkonsumsi Madu

Penting untuk menjaga stamina ditengah radikal bebas yang ada di sekitar kita. Selain asupan nutrisi dari makanan kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen atau makanan tambahan. 

Salah satunya yang dapat anda pertimbangkan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah menggunakan Madu, selain harga madu murah dibandingkan lainnya, madu juga memiliki khasiat yang tidak sedikit untuk menjaga kesehatan.

Madu murni memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung prebiotik alami seperti madu, Di dalam saluran pencernaan manusia, terdapat bakteri-bakteri baik yang bersifat menguntungkan.

Di antaranya adalah Bifidobakteria dan Lactobacilli yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan manusia. Dengan mengkonsumsi madu ternyata dapat meningkatkan populasi bakteri ini sehingga dapat memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan.

Selain itu, madu juga memiliki efek memperlambat pengosongan lambung Anda. Hal ini membuat madu sering kali digunakan untuk terapi pengobatan dan pencegahan pada penyakit maag atau asam lambung.

madu juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol (HDL), dan meningkatkan NO (nitrit oksida) yang merupakan suatu gas yang berperan untuk melancarkan peredaran darah, menjaga fungsi otot jantung, dan mengatur tekanan darah. 

Hal ini menjadikan madu dapat menjadi makanan tambahan yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung atau stroke.

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari madu antara lain :

Madu sebagai Antibiotik

Madu telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi luka, bekerja sebagai antibiotik alami yang sanggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu bersifat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. 

Madu dapat menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis yaitu menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, Proses osmosis di dalam madu membasmi atau membunuh bakteri. Madu mengeringkan bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh.

Madu untuk Terapi

Bangsa Mesir menggunakan madu sebagai salah satu bahan dalam meramu obat dari bahan-bahan alami. Madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Kini banyak Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno yang berasal dari penggunaan madu resep dari bangsa Mesir.

Madu untuk Awet Muda

Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang dipercayai karena rutin mengkonsumsi madu. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. 

Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tersebut sempat berubah ketika gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi.

Namun setelah gula semakin meluas pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, keluarga kerajaan kembali mengkonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.

Madu Mengatasi Kekurangan Kalsium

Dari hasil penelitian oleh dr.Berdine Martin pada binatang di Universitas Purdue menujukkan bahwa konsumsi madu dapat meningkatkan penyerapan kalsium. 

Semakin tinggi kadar madunya maka berpengaruh secara signifikan pada meningkat penyerapan kalsiumnya. Madu juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 3-31 mg/100 gram gula. 

Kalsium tentu sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak dan pencegahan terjadinya ostoporosis pada mereka yang sudah berusia lanjut.

You may also like...