Meningkatnya Nilai Properti di Palembang

Palembang merupakan salah satu kota yang sedang meningkat nilai propertinya, terutama dengan menjadi tuan rumah asean games 2018 ini. Nilai properti yang meningka terutama di properti hunian atau residensial. Rumah dijual di palembang mengalami kenaikan nilai yang cukup tinggi dalam 3 tahun belakangan ini. 

Hal tersebut juga didukung dengan sektor perekonomian palembang yang bergerak di bidang perkebunan dan pertambangan batu bara.  

Salah satu contohnya adalah proyek CitraGrand City Palembang,  komplek perumahan mewah seharga Rp 1 miliar hingga Rp 3,2 miliar merupakan para pemilik perkebunan dan pertambangan batubara. 

Sedangkan, Para karyawan di perkebunan dan pertambangan tersebut membeli membeli produk rumah  di citragrand city palembang dengan kisaran harga Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar. 

Hal tersebut menjadikan Kebutuhan hunian di Palembang pun tidak pernah surut bahkan PT Ciputra Asrigriya selaku pengembang CitraGrand City Palembang meningkatkan target penjualan hingga 20%-30% lebih tinggi.

Tidak hanya residensial dengan nilai yang mewah, sektor rumah murah juga mulai bergeliat setelah pemerintah memberi kemudahan lewat subsidi untuk uang muka dan  masa pengembalian kredit yang bisa 20 tahun. 

Lokasi properti pembangunan rumah murah tersebut terdapat di Sako, Sematang Borang, Tanjung Barangan, Gandus Talang Jambe, dan beberapa daerah di pinggiran kota. Para developer lebih memilih kawasan pinggiran kota karena harga tanah yang masih relatif murah. 

Namun para pembeli tidak perlu kawatir karena Pemerintah Kota Palembang siap mendukung dengan membangun infrastruktur jalan sehingga mendorong kalangan pengembang aktif dalam pembangunan rumah murah bagi kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Wali Kota Palembang, Harnojoyomengatakan dengan adanya dukungan dari pemerintah tersebut, para pengembang akan lebih aktif dalam membuka perumahan-perumahan batu untuk MBR di palembang.  

“Kunci suksesnya program ini ada di infrastruktur jalan, karena jika ada jalan maka ada yang mau membeli dan menempatinya. Terkait ini, pengusaha tidak perlu khawatir karena jalan akan dibangunkan oleh pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum,” kata Walikota palembang. 

Properti yang berkembang di palembang Tidak hanya di bidang perumahan, sektor komersial seperti pusat perbelanjaan dan perhotelan juga ikut melesat berkat sektor perkebunan dan pertambangan.karena banyak juga kebutuhan akan tempat hiburan Salah satu yang jeli memanfaatkan kondisi ini adalah Lippo Karawaci. 

Mereka mengakuisisi Palembang Square dari PT Bayu Jaya Lestari Sukses. Lippo Karawaci juga mengembangkan Palembang Square Extension, Sekolah Pelita Harapan, dan Rumah Sakit Siloam. 

Selain itu dengan dibangunnya jalur LRT sepanjang 23 kilometer yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin, Masjid Agung Palembang dan Jakabaring Sport City. 

Jaringan LRT ini akan melintasi sungai Musi dan Jembatan Ampera, menghubungkan 13 stasiun serta 9 sub-stasiun dari airport ke hulu Palembang. Juga turut memberi andil pada kenaikan nilai property di palembang. 

You may also like...