Manfaat Habbatussauda Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

Habbatussauda, tanaman ajaib dari timur tengah yang dikenal dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Dengan nama ilmiah Nigella Sativa telah banyak peneliti yang mengatakan khasiat dari habbatusauda. Diantaranya adalah : 

Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Habbatussauda telah diteliti di berbagai tempat mengenai keefektifannya meningkatkan kekebalan tubuh, dan hasilnya menakjubkan. Habbatusauda di dalamnya banyak terdiri dari protein, vitamin, mineral. 

Sehingga memiliki manfaat yang cukup ampuh dalam mencegah reaksi peradangan pada tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan mengontrol keseimbangan hormonal di dalam tubuh.

Mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Didalam Habbatussauda terkandung omega 3 dan omega 6 yang merupakan nutrisi bagi otak. Dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, diketahui juga habbatussauda dapat memperbaiki peredaran darah ke otak, sehingga pemberian habbatusauda direkomendasikan sekali untuk anak-anak dalam masa usia pertumbuhan dan juga lansia.

Menetralkan racun dalam tubuh

Kandungan saponin dalam habbaustauda diketahui dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Gejala ringan seperti keracunan bisa berupa diare, muntah, pusing, gangguan pernafasan maupun menurunkan daya konsentrasi. 

Booster untuk Ibu menyusui

Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak Habbatussauda’ dapat melancarkan air susu ibu. Untuk ibu menyusui yang memiliki masalah dengan jumlah air susu yang dihasilkan sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi habbatusauda, Hal ini berdasarkan penelitian tahun 1989 yang diterbitkan di dalam literatur penelitian Universitas Potchestroom.

Mencegah Alzheimer

Sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa habbatussauda mampu bermanfaat meringankan dampak penyakit alzheimer. Beberapa penelitian lainnya juga menemukan hasil yang memperkuat tentang manfaat habbatussauda ini. 

Dalam penelitian tersebut dipaparkan bahwa habbatussauda bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memperkuat perhatian dan kewaspadaan, serta bisa memulihkan ingatan. 

Oleh karena itu habbatussauda baik dikonsumsi terutama untuk yang berusia lansia. kandungan nutrisi pada habbatusauda dapat berfungsi  sebagai tambahan energi sangat ideal untuk orang yang berusia lanjut, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. 

15 macam asam animo penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial yang terkandung dalam habbatusauda merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan terutama orang usia lanjut. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan.

Efek Samping Habbatussauda

Penggunaan Habbatussauda maupun ekstraknya secara umum aman untuk dikonsumsi, hanya saja belum ada penelitian yang menyebutkan apakah ada efek sampingnya jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, oleh karena itu disarankan untuk tidak berlebihan ketika mengkonsumsinya. 

Pada beberapa kasus, penggunaan habbatusauda berlebihan dapat berakibat pada tekanan darah rendah, dan menurunkan tingkat gula darah, serta habbatussauda memperlambat pembekuan darah, sehingga meningkatkan resiko perdarahan. 

Yang perlu menjadi perhatian lagi adalah ketika membeli habbatusauda pastikan anda membeli di toko herbal yang terpercaya sehingga suplemen yang anda konsumsi telah mendapat BPOM dan aman. 

You may also like...